PERTANYAAN
apakah di
wajibkan bagi kami yang kerja di luar negri setelah lebih dari 10 tahun baru
pulang dan kumpul dengan suami apakah harus nikah ulang / tajdidunnikah?
jawaban:
tidak di
wajibkan ' hanya saja jika di lakukan bertujuan untuk lebih memperkuat ikatan
pernikahan maka hal ini tiada mengapa
referensi
Fathul Bari
Li Ibnu Hajar, Juz : 13 Hal : 199
حدثنا
أبو عاصم، عن يزيد بن أبي عبيد، عن سلمة، قال: بايعنا النبي صلى الله عليه وسلم
تحت الشجرة، فقال لي: يا سلمة ألا تبايع؟، قلت: يا رسول الله، قد بايعت في الأول،
قال: وفي الثاني
.................................
وقال بن
المنير : يستفاد من هذا الحديث أن إعادة لفظ العقد في النكاح وغيره ليس فسخا للعقد
الأول خلافا لمن زعم ذلك من الشافعية قلت الصحيح عندهم أنه لا يكون فسخا كما قال
الجمهور
Qurrotul
'Ain Bi Fatawi Isma'il Az-Zen, Hal :148
حكم
التجديد النكاح
سؤال :
ما حكم تجديد النكاح ؟
الجواب:
أنه إذا قصد به التأكيد فلا بأس به لكن الأولى تركه والله أعلم
تجديد
عقد النكاح لا يوجب مهرا جديدا
سؤال :
ماقولكم فيمن جدد نكاحه فهل يجب عليه أو يسن أن يعطيها الصداق مرة ثانية لذكره في
العقد الجديد أولا سواء طلقها الزوج بعد ذلك أو لا ؟الجواب : لايجب عليه أن يجدد
صداقا وتجديد صيغة عقد النكاح فإنما هي للتأكيد والأولى والله سبحانه وتعالى أعلم
pertanyaan
apakah akad yang kedua dapat
merusk akad nikah yang pertama sehingga dapat mengurangi jatah talaq dan wajibkah sang suami mebayar mahar lagi ?
jawaban :
1. Menurut
pendapat mayoritas ulama', akad nikah kedua tidak merusak akad pertama, sebab
akad yang kedua hanyalah akad nikah yang dalam bentuknya saja, dan hal tersebut
bukan berrti merusak akad yang pertama. Pendapat ini merupakan pendapat yang
Shohih dalam madzhab Syafi'i, sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar dalam
Fathul Bari. Sedangkan dalil bahwa akad kedua tidak merusak akad pertama,
seperti yang dijelaskan Imam Ibnul Munir adalah hadits yang diriwayatkan
Salamah rodhiyallohu 'anha ;
بَايَعْنَا
النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ، فَقَالَ لِي:
«يَا سَلَمَةُ أَلاَ تُبَايِعُ؟»، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ بَايَعْتُ
فِي الأَوَّلِ، قَالَ: وَفِي الثَّانِي
Kami
melakukan bai’at kepada Nabi SAW di bawah pohon kayu. Ketika itu, Nabi SAW
menanyakan kepadaku : “Ya Salamah, apakah kamu tidak melakukan bai’at ?. Aku
menjawab : “Ya Rasulullah, aku sudah melakukan bai’at pada waktu pertama
(sebelum ini).” Nabi SAW berkata : “Sekarang kali kedua.” (Shohih
Bukhori, no.7208)
Karena akad
yang kedua tidak merusak akad nikah yang pertama, maka akad yang kedua juga
tidak mengurangi jatah talak suami, jika sebelumnya belum menjatuhkan talak,
maka jatah talaknya masih 3, dan bila sudah menjatuhkan talak satu, maka jatah
talaknya tinggal 2 dan seterusnya. Begitu juga pihak laki-laki tidak perlu
memberikan mahar lagi.
referensi
Fathul Bari
Li Ibnu Hajar, Juz : 13 Hal : 199
حدثنا
أبو عاصم، عن يزيد بن أبي عبيد، عن سلمة، قال: بايعنا النبي صلى الله عليه وسلم
تحت الشجرة، فقال لي: يا سلمة ألا تبايع؟، قلت: يا رسول الله، قد بايعت في الأول،
قال: وفي الثاني
.................................
وقال بن
المنير : يستفاد من هذا الحديث أن إعادة لفظ العقد في النكاح وغيره ليس فسخا
للعقد الأول خلافا لمن زعم ذلك من الشافعية قلت الصحيح عندهم أنه لا يكون فسخا كما
قال الجمهور
Qurrotul
'Ain Bi Fatawi Isma'il Az-Zen, Hal :148
حكم
التجديد النكاح
سؤال :
ما حكم تجديد النكاح ؟
الجواب:
أنه إذا قصد به التأكيد فلا بأس به لكن الأولى تركه والله أعلم
تجديد
عقد النكاح لا يوجب مهرا جديدا
سؤال :
ماقولكم فيمن جدد نكاحه فهل يجب عليه أو يسن أن يعطيها الصداق مرة ثانية لذكره في
العقد الجديد أولا سواء طلقها الزوج بعد ذلك أو لا ؟الجواب : لايجب عليه أن يجدد
صداقا وتجديد صيغة عقد النكاح فإنما هي للتأكيد
2.Menurut
Syekh Ardabili, sebagaimana yang beliau jelaskan dalam kitab Al-Anwar Li
A'malil Abror, dengan melakukan tajdid nikah, maka nikah yang pertama telah
rusak, dan tajdid nikah itu dianggap sebagai pengakuan (iqror) perpisahan, dan
tajdid nikah tersebut mengurangi jatah talak suami, dan diharuskan memberikan
mahar lagi.
Kesimpulannya,
akad nikah yang dilakukan oleh petugas KUA itu diperbolehkan, apalagi hal ini menyangkut
legalitas akad nikah, dan menurut pendapat mayoritas ulama' akad nikah yang
kedua tidak wajib menggunakan mahar dan akad kedua tersebut tidak mengurangi
hitungan nikah suami. Wallohu a'lam.
Al Anwar Li
A'malil Abror, Juz : 2 Hal : 88
ولو عقد
بالسر بألف وفى العلانية بألفين وهما متفقان على بقاء العقد الاول فالمهر الف–الى
ان قال– ولو جدد رجل نكاح زوجته لزمه مهر اخر لانه اقرار بالفرقة وينتقص به الطلاق
ويحتاج الى التحليل فى امرأة الثالثة اهـ