Kamis, 25 September 2014

Bank ASI

Dengan menyebut Nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Sholawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada junjunagn kita Nabi Muhammad penutup semua Nabi dan juga bagi keluarga dan para sahabatnya semua.

Keputusan Nomer: 6 (2/6)
Tentang

Bank ASI

Majma’ Fiqh Islam Internasional di bawah koordinasi Organisasi Konferensi Islam (OKI)  dalam Mukatamar Islam yang diadakan di Jeddah pada tanggal 10 - 16 Robi’ul Awwal 1406 H. bertepatan tanggal 22 – 28 Desember 1985M. 
 

Setelah dipaparkan kajian fikih dan kajian medis kepada Majma’ mengenai Bank ASI, dan setelah mempelajari pemaparan dari masing-masing 2 kajian tersebut, dan setelah diadakan diskusi intensif mengenai 2 kajian tersebut dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang. Nampak beberapa hal berikut :

Pertama : Bank ASI telah diuji cobakan di masyarakat barat, setelah diadakan uji coba  muncul beberapa hal negatif, dari sisi teknis dan ilmiah dalam uji coba ini, sehingga menjadikannya mengalami penyusutan dan kurang mendapatkan perhatian.

Kedua : Islam menjadikan hubungan persusuan sebagaimana hubungan nasab. Orang bisa menjadi mahram dengan persusuan sebagaimana status mahram karena hubungan nasab, dengan sepakat ulama. Dan diantara tujuan utama syariah adalah menjaga nasab. Sementara Bank ASI menyebabkan tercampurnya nasab atau menimbulkan banyak keraguan nasab.

Ketiga : Interaksi sosial di masyarakat islam masih memungkinkan bagi bayi yang kekurangan ASI untuk menyusukannya kepada wanita lain secara alami. Keadaan ini menunjukkan tidak diperlukannya Bank ASI.

Memutuskan
sebagai berikut:
1. Terlarangnya mengadakan Bank ASI untuk para wanita di tengah masyarakat islam.
2. Haramnya menyusukan anak di Bank ASI.

Wallohu a’lam.

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على سيدنا محمد خاتم النبيين وعلى آله وصحبه أجمعين

قرار رقم: 6 (6/2
بشأن
بنوك الحليب

إن مجلس مجمع الفقه الإسلامي الدولي المنبثق عن منظمة المؤتمر الإسلامي في دورة انعقاد مؤتمر الثاني بجدة من 10 – 16 ربيع الآخر 1406هـ الموافق  22 – 28 كانون الأول ( ديسمبر ) 1985م

بعد أن عرض على المجمع دراسة فقهية، ودراسة طبية حول بنوك الحليب
وبعد التأمل فيما جاء في الدراستين ومناقشة كل منهما مناقشة مستفيضة شملت مختلف جوانب الموضوع وتبين منها

أولاً:      أن بنوك الحليب تجربة قامت بها الأمم الغربية، ثم ظهرت مع التجربة بعض السلبيات الفنية والعلمية فيها فانكمشت وقل الاهتمام بها

ثانياً:      أن الإسلام يعتبر الرضاع لحمة كلحمة النسب يحرم به ما يحرم من النسب بإجماع المسلمين. ومن مقاصد الشريعة الكلية المحافظة على النسب، وبنوك الحليب مؤدية إلى الاختلاط أو الريبة

ثالثاً:      أن العلاقات الاجتماعية في العالم الإسلامي توفر للمولود الخداج أو ناقص الوزن أو المحتاج إلى اللبن البشري في الحالات الخاصة ما يحتاج إليه من الاسترضاع الطبيعي، الأمر الذي يغني عن بنوك الحليب.

قرر ما يلي
أولاً: منع إنشاء بنوك حليب الأمهات في العالم الإسلامي
ثانياً: حرمة الرضاع منها

والله أعلم ؛؛


Fiqh Islam Juz 7 h. 5085

ﻭﺑﻌﺪ ﺍﻟﺘﺄﻣﻞ ﻓﻴﻤﺎ ﺟﺎﺀ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﺭﺍﺳﺘﻴﻦ ﻭﻣﻨﺎﻗﺸﺔ ﻛﻞ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻣﻨﺎﻗﺸﺔ ﻣﺴﺘﻔﻴﻀﺔ ﺷﻤﻠﺖ ﻣﺨﺘﻠﻒ ﺟﻮﺍﻧﺐ ﺍﻟﻤﻮﺿﻮﻉ ﺗﺒﻴﻦ: .1 ﺍﻥ ﺑﻨﻮﻙ ﺍﻟﺤﻠﻴﺐ ﺗﺠﺮﺑﺔ ﻗﺎﻣﺖ ﺑﻬﺎ ﺍﻷﻣﻢ ﺍﻟﻐﺮﺑﻴﺔ ﺛﻢ ﻇﻬﺮﺕ ﻣﻊ ﺍﻟﺘﺠﺮﺑﺔ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺴﻠﺒﻴﺎﺕ ﺍﻟﻔﻨﻴﺔ ﻭﺍﻟﻌﻠﻤﻴﺔ ﻓﻴﻬﺎ ﻓﺎﻧﻜﻤﺸﺖ ﻭﻗﻞ ﺍﻻﻫﺘﻤﺎﻡ ﺑﻬﺎ. .2 ﺍﻥ ﺍﻻﺳﻼﻡ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﻟﺤﻤﺔ ﻛﻠﻤﺤﺔ ﺍﻟﻨﺴﺐ ﻳﺤﺮﻡ ﺑﻪ ﻣﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﺐ ﺑﺎﺟﻤﺎﻉ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ . ﻣﻦ ﻣﻘﺎﺻﺪ ﺍﺷﺮﻳﻌﺔ ﺍﻟﻜﻠﻴﺔ ﺍﻟﻤﺤﺎﻓﻈﺔ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻨﺴﺐ , ﻭﺑﻨﻮﻙ ﺍﻟﺤﻠﻴﺐ ﻣﺆﺩﻳﺔ ﺍﻟﻰ ﺍﻻﺧﺘﻼﻁ ﺍﻭ ﺍﻟﺮﻳﺒﺔ. .3 ﺍﻥ ﺍﻟﻌﻼﻗﺎﺕ ﺍﻻﺟﺘﻤﺎﻋﻴﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺍﻻﺳﻼﻣﻲ ﺗﻮﻓﺮ ﻟﻠﻤﻮﻟﻮﺩ ﺍﻟﺨﺪﺍﺝ ﺃﻭ ﻧﺎﻗﺺ ﺍﻟﻮﺯﻥ ﺍﻭ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﻠﺒﻦ ﺍﻟﺒﺸﺮﻱ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺎﻻﺕ ﺍﻟﺨﺎﺻﺔ ﻣﺎ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺍﻟﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻻﺳﺘﺮﺿﺎﻉ ﺍﻟﻄﺒﻌﻲ , ﺍﻻﻣﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻐﻨﻲ ﻋﻦ ﺑﻨﻮﻙ ﺍﻟﺤﻠﻴﺐ. ﻭﺑﻨﺎﺀ ﻋﻠﻰ ﻗﺮﺍﺭ ﺫﻟﻚ : ﺍﻭﻻ , ﻣﻨﻊ ﺍﻧﺸﺎﺀ ﺑﻨﻮﻙ ﺣﻠﻴﺐ ﺍﻻﻣﻬﺎﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺍﻻﺳﻼﻣﻲ. ﺛﺎﻧﻴﺎ, ﺣﺮﻣﺔ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﻣﻨﻬﺎ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.