Lebih
utama mana antara menghormati ibu dan suami? Apakah tidak bertentangan dengan
sabda Rasulullah yang berbunyi: Siapa yang harus dihormati, ibumu, ibumu,
ibumu, baru bapakmu? Mohon penjelasannya. Terima kasih.
Jawaban:
Wa
alaikum salam.
Bagi
seorang wanita yang belum menikah maka orang tua lebih berhak untuk ditaati.
Namun ketika ia telah menikah maka taat kepada suami merupakan kewajiban yang
lebih diutamakan melebihi orang tuanya. Ketaatan yang dimaksud di sini tentu
saja bukan hal yang berhubungan dengan perkara maksiat. Sebagaimana sabda Nabi:
لا طاعة لمخلوق في معصية الخالق
“Tidak ada kewajiban taat kepada
makhluk dalam bermaksiat kepada Al Khaliq (Maha Pencipta). (HR. Bukhari no.
6830, Muslim no. 1840 dan Nasai no. 4205).
Apabila
ketaatakan kepada suami berseberangan dengan ketaatan kepada orang tua, maka
bagi seorang wanita (istri) muslimah wajib mendahulukan ketaatan kepada
suaminya. Imam Ahmad berkata tentang wanita yang memiliki suami dan seorang ibu
yang sedang sakit: “Ketaatan kepada suaminya lebih wajib atas dirinya daripada
mengurusi ibunya, kecuali jika suaminya mengizinkannya”.
Seorang
wanita tidak boleh mentaati kedua orang tuanya untuk berpisah dengan suaminya,
tidak pula mengunjunginya dan semisalnya. Bahkan ketaatan kepada suaminya lebih
wajib.
Kewajiban
seorang istri untuk mentaati suaminya sangat tegas dinyatakan dalam agama
Islam. Hal ini tertuang dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:
عن أبي هريرة، عن النبي صلى الله عليه
وسلم قال: لو كنت آمرا أحدا أن يسجد لأحد لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها
Dari
Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Andai
boleh kuperintahkan seseorang untuk bersujud kepada yang lain tentu
kuperintahkan seorang istri untuk bersujud kepada suaminya”. (HR. Tirmidzi no.
1159).
Terkait
masalah yang ditanyakan oleh saudara penanya maka jawabannya tidak bertentangan
karena konteksnya sudah berbeda. Berdasarkan hadits riwayat Imam Ahmad dan Imam
Nasai serta dishahihkan oleh Imam Hakim.
سألت النبي صلى الله عليه وسلم أي الناس
أعظم حقا على المرأة قال زوجها قلت فعلى الرجل قال أمه
Dari
Aisyah RA: "Saya pernah bertanya kepada Nabi shallallahu alihi wa sallam,
siapakah yang paling besar haknya terhadap seorang wanita?" Beliau
menjawab: "Suaminya". Aku bertanya lagi: "dan terhadap
lelaki?" Beliau menjawab: "ibunya".
Jadi
kesimpulannya adalah jika seorang wanita telah menikah maka kepatuhan terhadap
suami lebih utama ketimbang orang tua. Dan bagi seorang lelaki meski ia sudah
menikah maka kepatuhan terhadap orang tua tetap lebih utama tanpa
mengesampingkan urusan rumah tangganya.
Wallahu
a'lam.
(Dijawab
oleh: Al Murtadho).
Referensi:
Syarh
Muntaha al Iradat juz 3 hal. 47
و) للزوج (منع كل منهن) أي: من زوجاته (من
الخروج) من منزله إلى ما لها منه بد ولو لزيارة والديها أو عيادتهما، أو شهود
جنازة أحدهما قال أحمد في امرأة لها زوج وأم مريضة: طاعة زوجها أوجب عليها من أمها
إلا أن يأذن لها (ويحرم) خروج زوجة (بلا إذن أو) بلا (ضرورة) كإتيان بنحو مأكل
لعدم من يأتيها به لحديث أنس: " «أن رجلا سافر، ومنع زوجته الخروج فمرض أبوها
فاستأذنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في حضور جنازته فقال لها: اتقي الله ولا
تخالفي زوجك. فأوحى الله إلى النبي صلى الله عليه وسلم إني قد غفرت له بطاعتها
زوجها» " رواه ابن بطة في أحكام النساء، وحيث خرجت بلا إذنه بلا ضرورة (فلا
نفقة) لها ما دامت خارجة عن منزله إن لم تكن حاملا لنشوزها (، وسن إذنه) أي: الزوج
لزوجته في خروج (إذا مرض محرم لها) لتعوده (أو مات) محرمها لتشهده لما فيه من صلة
الرحم وعدم إذنه يحمل الزوجة على مخالفته وقد أمره الله تعالى بالمعاشرة بالمعروف
وليس هذا منها
Al
Inshaf juz 8 hal. 362
لا يلزمها طاعة أبويها في فراق زوجها، ولا
زيارة ونحوها. بل طاعة زوجها أحق
Tuhfah
al Ahwadziy juz 4 hal. 271
لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ
لِأَحَدٍ لَأَمَرْتُ المَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا
==================================
قوله (لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها) أي
لكثرة حقوقه عليها وعجزها عن القيام بشكرها وفي هذا غاية المبالغة لوجوب إطاعة
المرأة في حق زوجها فإن السجدة لا تحل لغير الله
Fathul
Bari li Ibni Hajar juz 10 hal. 401
وأشار بن بطال إلى أن الترتيب حيث لا يمكن
إيصال البر دفعة واحدة وهو واضح وجاء ما يدل على تقديم الأم في البر مطلقا وهو ما
أخرجه أحمد والنسائي وصححه الحاكم من حديث عائشة سألت النبي صلى الله عليه وسلم أي
الناس أعظم حقا على المرأة قال زوجها قلت فعلى الرجل قال أمه ويؤيد تقديم الأم
حديث عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده أن امرأة قالت يا رسول الله إن ابني هذا كان
بطني له وعاء وثديي له سقاء وحجري له حواء وإن أباه طلقني وأراد أن ينزعه مني فقال
أنت أحق به ما لم تنكحي كذا أخرجه الحاكم وأبو داود
Al
Mausu’ah al Fiqhiyyah juz 19 hal. 109-110
وللزوج منع زوجته من الخروج من منزله إلى
ما لها منه بد، سواء أرادت زيارة والديها أو عيادتهما أو حضور جنازة أحدهما. قال
أحمد في امرأة لها زوج وأم مريضة: طاعة زوجها أوجب عليها من أمها إلا أن يأذن لها،
وقد روى ابن بطة في أحكام النساء عن أنس أن رجلا سافر ومنع زوجته من الخروج فمرض
أبوها، فاستأذنت رسول الله صلى الله عليه وسلم في عيادة أبيها فقال لها رسول الله
صلى الله عليه وسلم اتقي الله ولا تخالفي زوجك فأوحى الله إلى النبي صلى الله عليه
وسلم: إني قد غفرت لها بطاعة زوجها ولأن طاعة الزوج واجبة، والعيادة غير واجبة فلا
يجوز ترك الواجب لما ليس بواجب. ولا ينبغي للزوج منع زوجته من عيادة والديها، وزيارتهما
لأن في منعها من ذلك قطيعة لهما، وحملا لزوجته على مخالفته، وقد أمر الله تعالى
بالمعاشرة بالمعروف، وليس هذا من المعاشرة بالمعروف
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.