Sabtu, 16 September 2017

HUKUM MENULIS ALQUR'AN DENGAN ROSM UTSMANY



Assalamualaikum :
Masih adakah Al-Quran rosm utsmany zaman sekarang???
pertimbangan: krn sy liat2 quran2 zaman sekarang itu penuh dengan tanda2 baca ( dlobtu) seperti, kepala ha', kepala syin, kepala shod, tanda kepala 'ain dll, dan juga penuh dengan syakal. monggo.. penting ini!!! banyak sekali permasalahan2 yang ada kaitannya dengan pertanyaan ini!!!

Jawab: rosm utsmani zaman sekarang masih ada, bahkan banyak sekali, dan menulis al qur-an dengan menggunakan rosm utsmany itu adayang mengatakan wajib ada yang mengatakan tidak wajib. Namun menurut jumhurul ulama’ / pendapat kuat, menulis dengan menggunakan rosm utsmany itu wajibNamun untuk mushaf rosm usmani zaman sekarang itu sudah dibubuhi tanda2 untuk mempermudah bacaan .bahkan menurut annawawi membubuhi tanda2 ini hukumnya sunnah untuk zaman sekarang, seperti ( harakot, kepala ha’, kepala syin, kepala shod, kepala ‘ain dll) .Jadi,, antara tanda dan rosm itu beda.
Jika diambil kesimpulan hukum berikut ini penjelasannya: menurut pendapat jumhurul ulama’wajib menulis alquran dengan menggunakan rosm utsmany dan sunnah diberi tanda baca ( naqtul I’rob maupun naqthul I’jam)
Referensi:

مباحث في علوم القرآن لمناع القطان (ص: 146)
لرسم العثماني:
فذهب بعضهم إلى أن هذا الرسم العثماني للقرآن توقيفي يجب الأخذ به في كتابة القرآن، وبالغوا في تقديسه، ونسبوا التوقيف فيه إلى النبي -صلى الله عليه وسلم
وذهب كثير من العلماء إلى أن الرسم العثماني ليس توقيفيًّا عن النبي -صلى الله عليه وسلم- ولكنه اصطلاح ارتضاه عثمان، وتلقته الأمة بالقبول، فيجب التزامه والأخذ به، ولا تجوز مخالفته------- وقال في موضع آخر: سُئل مالك عن الحروف في القرآن مثل الواو والألف، أترى أن تُغيَّر من المصحف إذا وُجِدا فيه كذلك قال: لا، قال أبو عمرو: يعني الواو والألف المزيدتين في الرسم المعدومتين في اللفظ نحو "أولوا" وقال الإمام أحمد: "تحرم مخالفة خط مصحف عثمان في واو أو ياء أو ألف أو غير ذلك"
وذهب جماعة إلى أن الرسم العثماني اصطلاحي، ولا مانع من مخالفته! إذا اصطلح الناس على رسم خاص للإملاء وأصبح شائعًا بينهم. قال القاضي أبو بكر الباقلاني في كتابه "الانتصار": "وأما الكتابة فلم يفرض الله على الأمة فيها شيئًا. أولم يأخذ على كتَّاب القرآن وخُطَّاط المصاحف رسمًا بعينه دون غيره أوجبه عليهم وترك ما عداه، إذ وجوب ذلك لا يُدرك إلا بالسمع والتوقيف، وليس في نصوص الكتاب ولا مفهومه أن رسم القرآن وضبطه لا يجوز إلا على وجه مخصوص وحدٍّ محدود لا يجوز تجاوزه، ولا في نص السٌّنَّة ما يوجب ذلك ويدل عليه، ولا في إجماع الأمة ما يوجب ذلك، ولا دلت عليه القياسات الشرعية، بل السٌّنَّة دلت على جواز رسمه بأي وجه سهل

Kesimpulan terjemah ibarot yang panjang diatas adalah: bahwa  mengenai rosm usmani itu ada tiga pendapat
1. Rosm usmani adalah tauqify ( wajib dikuti penulisannya)
2. Rosm usmani adalah bukan tauqify, tp suatu istilah yang timbul pada masa usman bin affan, namun wajib diikuti dalam penulisan, krn diterima oleh mayoritas ulama’ dan tdkk ada yang menentangnya ( pendapat yang dipilih pengarang kitab ini/ syekh manna alqattan)
3. Segolongan ulama’ mengatakan bahwa rosm utsmani itu bukan tauqifi dan tidak wajib diikuti, dan yang baik itu menulis alquran dengan sjaan uang mudah difahami oleh masyarakat didaerah tsb.

مباحث في علوم القرآن لمناع القطان (ص: 149)
والذي أراه أن الرأي الثاني هو الرأي الراجح، وأنه يجب كتابة القرآن بالرسم العثماني المعهود في المصحف.
Menurutku ( syekh mana alqataan) bahwa pendapat kedua adalah pendapat yang unggul, dan sesungguhnya wajib menulis alquran dengan rosm usmany yang sudah diketahui pada mushaf

KOMENTAR SY ( MUNIR):
DIBAWAH INI IBAROT SANGKALAN SYEH MANNA QOTTAN TERHADAP ABU BAKAR ALBAQILANY.
مباحث في علوم القرآن لمناع القطان (ص: 149)

واختلاف الخطوط الذي يذكره القاضي أبو بكر الباقلاني شيء والرسم الإملائي شيء آخر، فاختلاف الخط تغير في صورة الحرف لا في رسم الكلمة.
Intin kefahaman: beda2 khutut yang dimaksug  abu bakar al baqilany itu beda dengan rosm imlay, krn beda2 nya khutut itu hanya merubah bentuk huruf, bukan penulisan kalimah ( beda dengan imla’iy)

KOMENTAR SY ( MUNIR):
DAN SETELAH  SYEKH MANNA AL QATTAN BERKOMENTAR BANYAK2 DIATAS MENGENAI PERBEDAAN PENDAPAT ULAMA TENTANG WAJIB ATAU TIDAKNYA MENULIS ALQURAN DENGAN ROSM UTSMANY, DAN BELIAU TERNYATA MEMILIH HUKUM WAJIB, KEMUDIAN BELIAU BERKOMENTAR TENTANG KEUTAMAAN MEMBUBUHI TITIK, SYAKAL DSB TERHADAP ROSM USMANI, INI MEMBUKTIKAN BAHWA ANTARA DLOBTU, SYAKAL DAN JUGA TANDA LAINNYA ITU BEDA DENGAN ROSM. JADI TANDA SYAKAL DSB ITU  ITU BUKAN ROSMNYA, TP HANYA TANDA BACA YANG FUNGSINYA UNTUK MEMUDAHKAN MEMBACA ROSM UTSMANI ITU SENDIRI
DIBAWAH INI KOMENTAR BELIAU:

مباحث في علوم القرآن لمناع القطان (ص: 150)
تحسين الرسم العثماني:
كانت المصاحف العثمانية خالية من النقط والشكل، اعتمادًا على السليقة العربية السليمة التي لا تحتاج إلى الشكل بالحركات ولا إلى الإعجام بالنقط، فلما تطرق إلى اللِّسان العربي الفساد بكثرة الاختلاط أحس أولو الأمر بضرورة تحسين كتابة المصحف بالشكل والنقط وغيرهما مما يساعد على القراءة الصحيحة.
واختلف العلماء في أول جهد بُذِل في ذلك السبيل.
فيرى كثير منهم أن أول من فعل ذلك أبو الأسود الدؤلي الذي يُنسب إليه وضع ضوابط للعربية بأمر علي بن أبي طالب، ويُرْوَى في ذلك أنه سمع قارئًا يقرأ قوله تعالى: {أَنَّ اللَّهَ بَرِيءٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ وَرَسُولُهُ} 1, فقرأها بجر
Perbaikan rosm utsmany
Mula2 rosm usmany itu tidak ada titik dan syakal, krn berpedomn pada saliqoh arobiyyah salimah, yang udah gak butuh tanda2 berupa harokat, dan tidak butuh titik, namun ketika sudah sampai pada lisan arab yang rusak( menyebabkan bacaannya rusak ) maka sang pemimpin ( kholifah pada masa itu) menganggap sangat perlu untuk memperbaiki penulisan tsb dengan menambah syakal, titik dsb, untuk membantu menuju bcaan yang benar
Ulama’ terjadi perbedaan , siapa yang pertanma kali punya upaya perbaikan, mayoritas ulama’ berpendapat bahwa yang pertama kali melakukannya adalah abul aswad addualy yang mencetuskan tentang tentang dlobtu... ( fathah kasroh dlommah) atas perintah ali bin abi thalib.
REFERENSI TAMBAHAN TENTANG KEUTAMAAN MEMBUBUHI TANDA (DLOBTU DAN SYAKAL )PADA MUSHAF

مناهل العرفان في علوم القرآن (1/
قال النووي في كتابه التبيان ما نصه: قال العلماء: ويستحب نقط المصحف وشكله فإنه صيانة من اللحن فيه. وأما كراهة الشعبي والنخعي النقط فإنما كرهاه في ذلك الزمان خوفا من التغيير فيه. وقد أمن ذلك اليوم فلا يمنع من ذلك لكونه محدثا فإنه من المحدثات الحسنة فلا يمنع منه كنظائره مثل تصنيف العلم وبناء المدارس والرباطات وغير ذلك. والله أعلم
Imam nawawy dalam kitab attibyan mengatakan demikian: ulama’ berkata: di sunnahkan memberi titik pada mushaf, memberi syakal, krn hal tersebut benar2 bisa mnjaga dari kesalahan
مباحث في علوم القرآن لصبحي الصالح (ص: 96)
ثم يأتي على الناس زمان يستحبون فيه نقط المصحف بعد أن كرهوه، وشكله بالحركات بعد أن عارضوه, وكما خافوا أن يصيبه التغيير بالنقط والشكل أصبحوا يخافون أن يلحن الجهال فيه إن لم ينقط ويشكل, فالحرص على نص القرآن كان السبب الأساسي في كراهة النقط تارة واستحبابه أخرى.
قال النووي3: "نقط المصحف وشكله مستحب، لأنه صيانة له من اللحن والتحريف"4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.